dempo

Cek Umur dan Pastikan Tidak Cacat, Ini 5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Sah

Cek Umur dan Pastikan Tidak Cacat, Ini 5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Sah

Ilustrasi. Tips memilih hewan kurban yang baik dan penuhi syarat sah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Bagi kamu yang akan berkurban pada lebaran Idul Adha Senin, 17 Juni 2024 ini, pastikan memilih hewan kurban yang baik dan penuhi syarat sah, intip tipsnya di sini.

Berkurban adalah ibadah sunnah yang paling dicintai Allah SWT dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Ibadah ini dilakukan pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah atau setelah sholat Idul Adha dengan menyembelihnya hewan ternak.

Adapun hewan yang boleh dikurbankan adalak unta, domba, kambing, sapi, dan kerbau. Namun, ada sayarat tertantu yang harus dipenuhi oleh hewan ternak tersebut agar sah dikurbankan.

BACA JUGA:Hari Raya Idul Adha 1445 H, Pemkab Seluma Siapkan 5 Ekor Sapi untuk Kurban

Oleh karena itu kamu harus pandai memilih hewan ternak yang ingin dikurbankan agar sah saat dikurbankan. 

Salah satu tips memilih hewan kurban yang harus kamu terapkan adalah memastikan bahwa hewan tersebut benar diternak. Hal tersebut karena berdasyarkan syarat sahnya menurut syariat, hewan yang dikurbankan haruslah baik tidak boleh hewan liar atau hasil dari berburu.

Selain itu, sebelum membeli hewan ternak yang ingin dikurbankan kamu juga harus pastikan umurnya memenuhi syarat dan dalam keadaan sehat tanpa cacat sedikitpun.

Dilansir dari laman resmi baznas.go.id, berikut tips memilih hewan kurban yang baik dan penuhi syarat sah sesuai syariat Islam:

BACA JUGA:7 Keutamaan Ibadah Kurban dalam Islam, Hilangkan Sifat Buruk Salah Satunya

Pastikan Hewan Ternak

Tips memilih hewan kurban yang baik dan penuhi syarat sah pertama adalah dengan memastikan hewan ternak. Maksudnya adalah muslim tersebut harus memastikan hewan tersebut benar diternak. 

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa hewan ternak yang boleh dikurbankan adalah domba, kambing, sapi atau kerbau, dan unta.

Di samping itu, pastikan hewan tersebut memenuhi syarat yang sudah disyariatkan dan layak untuk dikurbankan, mulai dari kesehatan fisik ataupun umur.

BACA JUGA:5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Penuhi Syarat Sah, Cek Umur Salah Satunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: