dempo

Cakap Lindungi Tubuh dari Radikal Bebas, Ini 7 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan

Cakap Lindungi Tubuh dari Radikal Bebas, Ini 7 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan

Ilustrasi. Manfaat buah lontar untuk kesehatan.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Buah lontar menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya melindungi dari radikal bebas.

Pemilik nama latin Borassus flabellifer ini berasal dari India lalu seiring berkembangnya zaman menyebar ke berbagai daerah seperti Srilangka, Arab, dan Asia Tenggara.

Diketahui, buah lontar dapat tumbuh subur di daerah pantai dengan iklim kering pada ketinggian 0-800 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA:Tingkatkan Imunitas hingga Cegah Obesitas, Ini 7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Memiliki rasa yang manis dan menyegarkan menjadikan buah lontar memiliki banyak penggemar.

Rasa buah lontar sebenarnya sedikit mirip denga kelapa, namun dikatakan lebih segar dan manis. Istimewanya, buah lontar tidak hanya menwarkan kelezatan namun juga manfaat kesehatan.

Seperti yang dikatakan di awal, mengkonsumsi buah lontar dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Hal tersebut karna buah lontar diperkaya dengan kandungan mineral yang tinggi.

Sebagai informsi, tubuh membutuhkan cairan yang cukup setiap harinya. Mengkonsumsi buah lontar yang mengandung air tinggi mampu membantu mencukupi kebutuhan cairan harian tubuh.

BACA JUGA:Mengandung Air dan Serat Tinggi, Inilah 8 Manfaat Mengonsumsi Buah Melon untuk Kesehatan Ibu Hamil

Selain itu, buah lontar juga dapat mencegah Osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kemampuan ini diperoleh dari kandungan fosfor yang terdapat di dalamnya.

Fosfor berkerja secara aktif membantu meningkatkan kepadatan tulang sehingga menjadi lebih kuat dan sehat.

Tidak hanya itu, buah lontar juga mempu membantu mengatasi masalah pencernaan, meredakan kemerahan kulit, menjaga gula darah, dan menurunkan berat badan.

Manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan serat, mineral, fosfor, dan berbagai sifat antioksidan yang dimilikinya. Dilansir dari alodokter.com, berikut manfaat buah lontar untuk kesehatan:

BACA JUGA:6 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan, Jaga Kesehatan Tulang hingga Lancarkan Peredaran Darah

1. Membantu mencegah dehidrasi

Mafaat buah lontar untuk kesehatan yang pertama adalah membantu mencegah dehidrasi. Kandungan air yangtinggi terdapat di dalam buah lontar sehingga kebutuhan cairan harian tubuh dapat terpenuhi.

Sebagai informasi bahwa setiap hari memerlukan cairan yang cukup, mengkonsumsi buah lontar mampu mencukupi kebutuhan tersebut.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat buah lontar untuk keshetan selanjutnya adalah membantu mengatasi masalah pencernaan. Hak tersebut karena buah lontar memiliki kandungan serat yang tinggi.

BACA JUGA:Buat Kesehatan Lebih Terjamin, Intip Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Melon untuk Tubuh

Serat berfungsi meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

Mengkonsumsi buah lontar juga dapat meminimalisir resiko sembelit, oleh karenanya buah satu ini baik dinikmati untuk kamu yang sedang mengalami masalah pencernaan.

3. Meredakan kemerahan di kulit

Manfaat buah lontar untuk kesehatan berikutnya adalah membantu meredakan kemerahan di kulit.

Kemampuan tersebut berkatn sifat antioksidan yang terdapat di dalamnya, kandungan tersebut dapat meredakan peradangan yang menyebabkan peradangan di wajah.

BACA JUGA:5 Khasiat Jeruk, Dapat Jaga Kesehatan Usus hingga Cegah Anemia

Selain itu, sensasi dingin dari buah lontar mampu memberikan efek menenangkan bagi kulit yang meradang.

Selain sensasi dingin, buah lontar diketahui mengandung zat antiradang dan antibakteri yang berguna saat tubuh mengalami infeksi.

4. Menjaga tubuh dari paparan radikal bebas

Selain meredakan kemerahan, buah lontar juga mampu menjaga tubuh dari paparan radikal bebas. Hal tersebut karena sifat antioksidan yang dimilikinya berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

BACA JUGA:4 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan, Atasi Infeksi hingga Lawan Radikal Bebas, Coba Sekarang

5. Menjaga gula darah tetap normal

Manfaat buah lontar untuk kesehatan lainnya adalah membantu menjaga gula darah tetap normal. Seperti yang diketahui bahwa lontar termasuk ke dalam buah yang memiliki kadar gula yang rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

6. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat buah lontar untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut karena buah lontar memiliki kandungan serat yang tinggi.

Dimana serat mampu menahan rasa kenyang lebih lama sehingga pola makan lebih terjaga, dengan begitu berat badan juga menjadi terkontrol.

BACA JUGA:Herbal Alami Kurangi Rasa Mual, Ini 10 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

7. Mencegah osteoporosis

Manfaat buah lontar untuk kesehatan yang terakhir adalah membantu mencegah osteoporosis. Kemampuan tersebut berkat dukungan dari kandungan fosfor yang dimilikinya.

Fosfor berfungsi mencegah pengeroposan pada tulang shingga menjadi lebih sehat dan kuat.

Tidak hanya itu, buah lontar juga diperkaya dengan kandungan kalsium yang memiliki peran penting dalam menjaga kepadatan tulang.

Itulah informasi mengenai kandungan dan manfaat buah lontar untuk kesehatan, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: