dempo

7 Ciri Orang Manipulatif yang Perlu Kamu Waspadai, Salah Satunya Suka Melebih-lebihkan Perkataan

7 Ciri Orang Manipulatif yang Perlu Kamu Waspadai, Salah Satunya Suka Melebih-lebihkan Perkataan

Ilustrasi. 7 ciri orang manipulatif yang perlu kamu waspadai, salah satunya suka melebih-lebihkan perkataan --(Sumber Foto: Doc/BETV)

Korban manipulatif ini juga sering merasa tidak yakin tentang apa yang harus mereka rasakan atau pikirkan, mereka juga akan meminta maaf atas sesuatu yang bahkan bukan merupakan kesalahan mereka. 

Untuk terhindar dari sikap manipulatif ini, kamu perlu mengetahui ciri-ciri sikap manipulatif. Berikut telah BETV rangku informasi tentang ciri-ciri sikap manipulatif yang dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Tidak Bisa Menjadi Diri Sendiri, Ini 6 Ciri Lain dari Hubungan Toxic yang Harus Diketahui

Ciri-ciri Sikap Manipulatif

1. Memanipulasi Fakta

Ciri-ciri sikap manipulatif yang pertama adalah cenderung melakukan kebohogan dan memanipulasi fakta. 

Mereka yang manipulatif biasanya akan membuat alasan, seringkali menyalahkan orang lain, hingga mengatakan sesuatu tanpa menjelaskan kebenarannya. 

BACA JUGA:5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic, Berhenti Menyangkal hingga Atasi Perasaan Bersalah yang Dirasakan, Yuk Coba

Para manipulator ini akan membuat mereka yang dimanipulasi merasa ragu akan diri mereka sendiri lalu melemparkan kesalahan pada mereka seolah-olah korban merupakan pihak yang harus bertanggung jawab. 

2. Melakukan Gaslighting

Selain memanipulasi fakta, mereka yang memiliki sikap manipulatif juga seringkali melakukan gaslighting pada orang lain dengan tujuan untuk membuat seseorang merasa kebingungan dan mempertanyakan ingatan serta perbuatannya sendiri atas suatu keadaan. 

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Mental! Ini 5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Minta Bantuan

Mereka biasanya akan mengelak apabila langsung dikonfrontasi mengenai kebohonganya dan akan berbalik mempertanyakan hal yang sedang dibahas tersebut. 

Tidak hanya itu, mereka yang memiliki sifat manipulatif juga biasanya akan membuat seseorang terlihat menghakimi dan megejek orang lain secara terbuka untuk memperlihatkan jika orang tersebut yang bersalah. 

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Hubungan Toxic yang Harus Diketahui, Salah Satunya Mengalami Kekerasan, Ini 6 Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: