KPU

5 Tahap Gejala Demensia, Kenali Segera Sebelum Terlambat

5 Tahap Gejala Demensia, Kenali Segera Sebelum Terlambat

5 tahap gejala demensia, kenali segera sebelum terlambat--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Sayangnya, salah satu gejala awal demensia yaitu lupa, seringkali dianggap sebagai masalah sepele sehingga penyakit demensia ini baru akan mendapatkan diagnosa setelah tahap lanjut. 

Selain itu, terdapat beberapa gejala lainnya yang diperlihatkan saat seseorang mengalami demensia dan bisanya berlangsung dalam beberapa tahapan. 

BACA JUGA:Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Bisa Cegah Alzheimer

Adapun beberapa tahapan gejala ini telah BETV rangkum untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut. 

Gejala Penyakit Demensia

1. Tahap 1

Pada gejala tahap pertama ini, biasanya mereka yang mengalami demensia ini memiliki kemampuan fungsi otak yang masih dalam tahap normal sehingga masih belum ada gejala lain yang terlihat. 

BACA JUGA:Inilah Gangguan Otak yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Alzheimer

2. Tahap 2

Setelah tahap pertama, demensia akan berlanjut pada tahap kedua yang pada tahap ini terdapat gangguan yang mulai mempengaruhi aktivitas sehari-hari penderitanya. 

Salah satu contohnya adalah penderita menjadi sulit untuk melakukan berbagai kegitan dalam satu waktu, sulit membuat keputusan dan juga kesulitan dalam memecahkan masalah.

BACA JUGA:Ampuh Cegah Pikun, Buah Bit Tawarkan 10 Manfaat Kesehatan Ini untuk Tubuh, Cek Sekarang

Tidak hanya itu, merea juga akan mudah lupa pada kegiatan yang belum lama dilakukan dan juga merasa kesulitan untuk memilih kata-kata yang tepat untuk digunakan. 

3. Tahap 3

Jika pada tahap 2 demensia belum dikenali dan ditangani, maka gejala ini akan berlanjut ke tahap ketiga dimana penderitanya akan mulai mengalami gangguan mental organik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: