Berdayakan Masyarakat Lebong, PT. PGE Hululais Beri Pelatihan Stek dan Bantuan Bibit Kopi kepada Petani

Berdayakan Masyarakat Lebong, PT. PGE Hululais Beri Pelatihan Stek dan Bantuan Bibit Kopi kepada Petani

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) Hululais, Bengkulu, terus berkomitmen untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam menerapkan tata kelola lingkungan yang baik. --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BACA JUGA:Respon Cepat Bupati, Jalan Ujan Mas-Kabawetan Akan Dibangun Tahun Ini

Di sisi lain, PGE juga aktif dalam membantu penanganan bencana alam banjir bandang dan longsor yang pernah terjadi diantaranya di Bukit Gedang Hululais, Lebong, Bengkulu pada 8 Februari 2018 silam. 

PGE turut memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah Lebong dan masyarakat sekitar dengan menyediakan bantuan berupa penurunan alat berat, yaitu ekskavator untuk membantu masyarakat dan lingkungan yang terdampak.

BACA JUGA:Dana Hibah Pilkada KPU Seluma Belum Tuntas, Begini Respon Pemda

Tak hanya itu, PGE secara aktif memberikan bantuan dalam melakukan normalisasi hulu Sungai Air Kotok guna menjaga kelestarian sumber daya alam sekitar.

"Normalisasi hulu Sungai Kotok dilakukan dengan membersihkan sedimen yang menumpuk di sungai dengan menggunakan alat berat, serta melakukan penanaman pohon di sekitar sungai," terangnya.

BACA JUGA:15 Peserta Seleksi Petugas Haji Daerah Provinsi Bengkulu Gugur Tahap Tes Terakhir

Lebih lanjut, Anshoruddin menerangkan bahwa PGE juga turut melakukan pembangunan benteng sepanjang kurang lebih 500 meter di Bukit Beriti dengan menggunakan material berupa tanah dan bebatuan. Lokasi pembangunan benteng itu dilakukan di atas area operasional PGE. 

Hal tersebut ditujukan agar dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat sekitar dari bahaya longsor di masa mendatang.

BACA JUGA:Usai Uji Kompetensi, 41 JPT Pratama Pemprov Bengkulu Bersiap Mutasi hingga Promosi

Kegiatan ini sesuai rekomendasi dari Kementerian ESDM selepas longsor yang pernah terjadi pada 2016.

"Ke depannya, PGE akan terus aktif dalam membangun kemitraan yang kuat dengan masyarakat dan pemerintah dalam upaya pencegahan serta penanganan bencana alam," tuturnya.

BACA JUGA:Kejari Seluma Pastikan Usut Tuntas Kasus Dugaan Penyalahgunaan Dana Fiskal Stunting

Sebagai informasi, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Hululais (Unit 1 dan 2) merupakan salah satu bagian dari proyek PGE dalam mewujudkan ambisinya menjadi perusahaan dengan kapasitas terpasang PLTP menjadi 1 gigawatt (GW) dalam dua tahun.

BACA JUGA:Jonaidi SP Realisasikan Bantuan Alsintan Gratis kepada 30 Poktan di Seluma

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: