Dinas Pemadam Kebakaran Bengkulu Tengah Bentuk Redkar, Sebagai Ujung Tombak Penyelamat

Dinas Pemadam Kebakaran Bengkulu Tengah Bentuk Redkar, Sebagai Ujung Tombak Penyelamat

Redkar atau relawan pemadam kebakaran akan ditugaskan menjadi ujung tombak penyelamatan dan pemadam kebakaran masing-masing desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah. --(Sumber Foto: Ronal/BETV)

BENGKULU, BETVNES - Dinas pemadaman kebakaran (PDK) kabupaten bengkulu Tengah saat ini  gencar melakukan sosialisasi terkait redkar atau relawan damkar. 

Redkar ini  yang akan ditugaskan menjadi ujung tombak penyelamatan dan pemadam kebakaran masing-masing desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah. 

BACA JUGA:Lagi, Motor Mahasiswa Lenyap Digasak Pencuri

BACA JUGA:Ajak Bersinergi, Kapolres AKBP Arief Eko Prasetyo Kunjungi Sekretariat PWI Seluma

Kepala Dinas PDK Kabupaten Bengkulu Tengah Mun Gumiri menjelaskan, inisiatif  pembentukan Redkar tersebut bermula saat petugas kesulitan menggapai lokasi kebakaran yang cukup jauh dari pos pemadam yang ada. 

BACA JUGA:Akun Medsos Walikota Dihack, Polda Proses Aduan Kadis Kominfo

"Adapun tugas Redkar ini ada meminimalisir kerusakan yang ada, seperti menangani kompor yang terbakar, atau jika kebakaran tersebut semakin besar maka Redkar ini lah yang bertugas mengomandoi warga sebelum mobil damkar datang," jelasnya (Kamis 26 Januari 2023).

BACA JUGA:KPU Provinsi-Kejati Bengkulu Teken Perjanjian Kerja Sama, Begini Isi Kesepakatannya

Sejauh ini, sudah ada 60 orang Redkar yang telah berkomitmen untuk menyelamatkan desanya masing-masing dari bencana kebakaran, perekrutan redkar ini masih berlangsung, nantinya satu desa wajib memiliki satu anggota redkar.

BACA JUGA:Ketua DPD Perindo Rejang Lebong Serahkan Berkas PAW Netty Yuliani

"Memang saat ini, kita belum bisa memberikan uang pembinaan ataupun seragam, tetapi kedepan akan kita usahakan semaksimal mungkin," pungkasnya 

BACA JUGA:KPU Provinsi Bengkulu Tanggapi Isu Suap dan Kecurangan Seleksi PPS Pemilu 2024, Begini Katanya

Dinas PDK juga telah memberikan pelatihan terkait penanganan dan penyelamatan kepada 60 orang Redkar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: