Kontroversi VAR Indonesia Vs Uzbekistan, Kartu Merah hingga Gol Ferari Dianulir, Begini Peraturannya

Kontroversi VAR Indonesia Vs Uzbekistan, Kartu Merah hingga Gol Ferari Dianulir, Begini Peraturannya

Kontroversi VAR Indonesia Vs Uzbekistan, kartu merah hingga gol Ferari dianulir, begini peraturannya--(Sumber Foto: Suara Merdeka Sport)

BETVNEWS - Langkah Indonesia menuju Piala Asia U-23 harus terhenti usai mengalami kekalahan melawan Uzbekistan dengan skor 0-2 yang dilangsungkan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Senin malam (29/4/2024) lalu. 

BACA JUGA:Mengulik Profil Shin Jae Won, Pesepak Bola Korea Selatan yang Dukung Timnas Indonesia

Kekalahan Indonesia ini diwarnai oleh kontroversi VAR yang hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat di dalam komunitas pecinta sepak bola tanah air. 

Keputusan VAR dan wasit lapangan dinilai telah merugikan Indonesia sehingga Tim Garuda Muda terpaksa harus menelan mentah-mentah keputusan wasit Shen Yinhao yang berasal dari China ini. 

BACA JUGA:8 Fakta Menarik Shin Tae Yong Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Nomor 3 Punya Anak Seorang Atlet Sepak Bola

Terdapat tiga kontroversi yang terjadi dalam pertandingan Semifinal Piala Asia U-23 ini yang membuat pendukung Timnas U-23 tidak terima sehingga melayangkan protes, bahkan tidak sedikit dari para penggemar yang menuntut agar pertandingan diadakan ulang. 

Namun hal ini tentunya tidak dapat dilakukan lantaran keputusan telah final dan Uzbekistan telah diakui sebagai pemenang dalam laga semifinal ini dan melaju ke babak berikutnya untuk berhadapan dengan Jepang yang berhasil mengalahkan Irak. 

BACA JUGA:Gandeng Dispora, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Sukses Buka Turnamen Sepak Bola di Seluma

Dalam pertandingan melawan Uzbekistan, wasit dinilai telah membuat keputusan-keputusan kontroversial yang merugikan tim Indonesia. 

Salah satu keputusan kontroversial tersebut adalah dengan mendorong Kapten Timnas Indonesia Rizky Ridho keluar lapangan melalui kartu merah yang dikeluarkannya. 

Rizky Ridho dinilai telah melakukan pelanggaran keras akibat tidak sengaja menghantam paha pemain Uzbekistan, Jasurbek Jaliliddinov. 

BACA JUGA:Jonaidi SP Ajak Generasi Muda Hidupkan Kembali Olahraga Sepak Bola di Seluma

Pada awalnya keputusan ini masih berada pada kartu kuning hingga tim VAR akhirnya melakukan pengecekan untuk potensi kartu merah sehingga akhirnya Rizky Ridho harus meninggalkan lapangan akibat keputusan yang tidak dapat diganggu gugat dari wasit setelah melalui pemeriksaan VAR tersebut. 

Keputusan VAR kontroversial yang lainnya adalah keputusan yang terjadi pada menit ke-27 pada saat Indonesia mendapatkan tendangan bebas setelah pemain Uzbekistan menjegal Witan Sulaeman di antara ujung kotak penalti atau luar kotak penalti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: